Dampak Korupsi Terhadap Kerusakan Lingkungan

Kerusakan Lingkungan Akibat Perilaku Korupsi
Asap Kebakaran Hutan
Dampak Kerusakan Lingkungan
Dampak kerusakan lingkungan akibat perbuatan korupsi, sekarang ini sudah terlihat di mana-mana, bukan saja lingkungan fisik, melainkan juga lingkungan sosial budaya. Terhadap lingkungan fisik yakni penyimpangan terhadap anggaran pembangunan sarana-prasarana dapat memperlambat laju pertumbuhan ekonomi dan berdampak pada kemiskinan rakyat. Begitu pun penyalahgunaan pengelolaan hutan lindung yang membuat ekosistem terganggu, menimbulkan banjir, longsor, berdampak kerugian materi dan jiwa pada masyarakat.

Kerusakan lingkungan akan menciptakan bencana yang sebenarnya dibuat oleh manusia seperti banjir, banjir bandang, kerusakan tanah, kekeringan, kelangkaan air dan menurunnya kualitas air dan udara, tingginya pencemaran di perairan sungai sehingga sangat beracun, dan sebagaimana. Berikut ini beberapa contohnya:
  • Akibat yang dihasilkan oleh perusakan alam ini sangat merugikan khususnya bagi kualitas lingkungan itu sendiri. Efek rumah kaca (greenhouse effect) misalnya. Hutan merupakan paru-paru bumi yang mempunyai fungsi menyerap gas CO2. Efek rumah kaca menimbulkan kenaikan suhu atau perubahan iklim bumi pada umumnya (global warming).
  • Penggunaan bahan kimia seperti freon untuk pendingin ruangan dan hasil pembakaran yang dilakukan oleh berbagai industri secara masif akan merusak lapisan ozon (O3) yang selanjutnya akan mengakibatkan berbagai penyakit.
  • Kerusakan hutan hujan tropis yang akut akan mengurangi persediaan oksigen bukan hanya untuk wilayah tersebut, namun juga oksigen untuk bumi secara keseluruhan.Berkurangnya kualitas udara tentunya juga akan berakibat pada menurunnya kualitas kesehatan manusia yang menghirupnya.
  • Kerusakan yang terjadi di perairan seperti pencemaran sungai dan laut, juga mengakibatkan menurunnya kualitas hidup.

Kerusakan yang terjadi tentu saja harus segera diperbaiki demi kembalinya kelestarian alam dan lingkungan serta kualitas hidup kita sendiri, namun pernahkah terpikirkan di benak kita, berapa besar dana yang kita butuhkan untuk mengembalikan semua kerusakan itu?

Comments