5 Tips Dan Solusi Cerdas Agar Terhindar Dari Penipuan Dengan Logika Hukum

Tips Menghindari Penipuan Dalam Konsep Hukum

Saat sekarang ini tidak sedikit orang - orang akan menggunakan segala tipu muslihat untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Banyak yang terjurumus ke dalam permainan ini dan tidak sedikit pula yang menjadi korban dari permainan ini.

Disini akan saya berikan beberpa tips agar kita selalu waspada terhadap hal ini karena banyak yang tidak sadar kita kadang terjerumus dan menjadi korbannya. Terkadang orang yang melakukan penipuan tersebut mengerti bagaimana cara agar mereka terhindar dari proses hukum. Berdasarkan pengalaman yang pernah dialami di bawah ini coba dijabarkan bagaimana cara agar kita terhindar dari sebuah penipuan.

Berikut beberapa tips agar terhindar dari penipuan dengan konsep hukum

  1. Pastikan selalu surat - surat dan berkas yang kita terima adalah asli dan bukan hasil rekayasa semata paling tidak apabila terjadi transaksi jual beli suatu produk usahakan untuk meminta surat perjanjian jual beli, kwitansi pembayaran, dan surat pernyataan yang isinya bahwa benda yang kita beli tersebut tidak dalam sengketa dengan pihak lain dan perhatikan dengan teliti produk yang akan kita beli apabila terdapat cacat yang tidak terlihat atau dengan kata lain produk tersebut memiliki cacat tersembunyi yang dimana penjual tidak akan memberitahukannya kepada kita.
  2. Dalam pinjam meminjam uang terkadang karena kita memiliki kedekatan secara kekeluargaan maupun pertemanan terkadang kita melupakan hal yang paling penting ini yaitu surat perjanjian utang piutang yang mana fungsi surat ini menegaskan bahwa seseorang telah berpiutang kepada kita. Apabila tidak ingin memakai surat ini maka usahakan minta sebuah jaminan seusai dengan nominal utang yang diberikan kepadanya dan buatlah surat pernyataan jikalau suatu saat dia tidak melunasi utangnya maka barang yang menjadi jaminan tersebut beralih menjadi hak milik kita.
  3. Apabila kita memiliki ide untuk membangun suatu usaha demi kenyamanan masa pensiun kita dari kerja seperti membangun kost - kostan maupun rumah petak selalu buat perjanjian kerja dengan yang akan membangun tersebut walaupun sifat kerja tersebut berupa borongan. Mengapa demikian?ini mencegh kita apabila suatu saat perkeja itu tidak dapat menyelesaikan sampai pada saat waktu yang sudah ditentukan kita memiliki kekuatan untuk menghentikan perkejaan tersebut dan tidak ada kita terhindar dari tuntutan yang mungkin nantinya akan terjadi pada diri kita.
  4. Apabila memiliki usaha rental kendaraan kenali watak dan karakter si penyewa dan selalu buat surat sewa menyewa unit tersebut dan usahakan unit yang disewakan dipasang GPS. Ini berguna untuk mempermudah kita melacak keberadaan kendaraan kita tersebut namun apabila mendapat kesulitan usahakan terlebih dahulu datangi kediaman si penyewa dan berbincang kepada pihak keluarganya tentang masalah yang dihadapi.
  5. Banyak dari kita secara tidak sadar menjadi korban penipuan melalui telepon yang meminta anda untuk mentransfer sebuah dana karena anak anda atau sanak famili sedang dalam masalah. Untuk menghindari yang seperti ini cara yang paling efektif menurut saya adalah: (1) tanyakan nama anak atau sanak family anda tersebut kepada si penelpon namun usahakan jangan anda yang memulai memberitahukan kepada si penelopn. (2) Usahakan bertanya kepada penelpon nomor telepon anak atau sanak family tersebut logikanya jika penelpon lagi besama anak atau sanak family kita tentunya ia akan tahu nomot telepon mereka. (3) Ajak si penelpon mengobrol dengan anda panjang lebar hingga pulsa mereka habis.

Mungkin hanya ini beberapa tips ini saja yang bisa dibagikan kepada teman - teman sekalian. Apabila teman - teman memiliki masalah dan ingin mencari solusi bisa tanyakan disini. Jika ada yang mungkin akan menambahkan tips selain dari ini saya persilahkan.

Comments