Perlunya Mengerti, Mengetahui dan Memahami Ilmu Hukum Jangan Sampai Buta Hukum

Hukum Perlu Kita Ketahui atau Tidak

Banyak bagi kita terutama sebagian besar penduduk kita selalu menganggap segala sesuatu hal itu hal yang wajar dan lumrah untuk dilakukan. Mengapa demikian?karena perbuatan tersebut telah sering dan berulang - ulang kali dilakukan dan itu sudah menjadi sebuah kebiasaan yang sulit dihindari.

Namun apa yang akan terjadi??ketika perbuatan yang telah biasa dilakukan teresebut akhirnya menimbulkan suatu permasalahan yang begitu kompleks yang berujung di meja hijau. 

Tanpa disadari telah banyak hal yang seperti itu dimeja hijaukan bahkan tidak tanggung - tanggung sewaktu beberapa tahun yang lewat seorang nenek dan lain sebagainya di meja hijaukan hanya karena perbuatan yang bagi kita itu merupakan hal yang lumrah namun tidak bagi si pemilik.

Perlunya Hukum Dalam Kehidupan Bemasyarakat, Pemerintah Dan Pelaku Usaha

Perkembangan sekarang ini baik dari segi sosial maupun segi bisnis telah melakukan sebuah tranformasi perubahan ke arah dimana setiap orang perlu memiliki dan mengerti pengetahuan hukum. Peran hukum dalam kehidupan bermasyarakat sedikitnya telah membantu segala kebutuhan masyarakat kita akhir - akhir ini. 

Sekarang ini tidak sedikit terjadinya pelanggaran - pelanggaran hukum baik itu dilihat dari perbuatan pidana hingga perdata atau yang lebih dikenal dengan hukum bisnis. Aturan  - aturan hukum telah mengatur bagaimana kehidupan bermasyarakat yang lebih bermanfaat sehingga tidak terjadi benturan antara satu dangan yang lain dan juga bisa saling menjaga sesama. Tidak hanya itu saja hukum juga dapat meningkatkan taraf hidup seseorang karena apabila seseorang yang mengerti dengan hukum sudah pasti bisa mengantisipasi segala sesuatu hal yang mungkin akan menimpa dia nantinya. Jadi, apabila sebelum melakukan suatu perbuatan atau tindakan seseorang akan berpikir kembali baik atau buruknya.

Ekspektasi yang ada sudah tertanam di masyarakat pada saat sekarang ini bahwa hukum itu tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Ini dikarenakan terdapat segelintir orang - orang yang tidak bertanggung jawab seolah - olah hukum bisa diatur oleh mereka karena mereka memiliki kekuasaan, jabatan dan uang sehingga dapat berbuat sesuka hati. 

Dulu hukum menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi masyarakat kita sehingga perubahan - perubahan dan tranformasi hukum tidak begitu berkembang yang membuat hukum itu seakan tidak berjalan. Tranformasi perubahan yang telah telihat banyaknya masyarakat yang telah melaporkan segala perbuatan yang melanggar aturan hukum dalam dunia bisnis adanya penerapan CSR (corporate social responsibility) di perusahaan yang dimana perusahaan harus menjalin hubungan erat dengan masyarakat yang berkesinambungan bagi kehidupan masyarakat yang berada di sekitar perusahaanya juga di dalam pemerintahan juga diterapkan yang kita kenal tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih yang disingkat dengan GCG (good clean goverment) yang dimana pemerintah harus menjalankan perkejaannya lebih bertanggung jawab serta bersih terbebas dari unsur KKN.

Mungkin persepsi yang telah ada ini bisa dirubah oleh kita semua sehingga hukum dapat ditegakkan sebagaimana mestinya dan hukum juga dapat melindungi orang - orang yang lemah.

Comments